DOKUMEN DUKUNG AKREDITASI 9 KRITERIA PROGRAM STUDI TADRIS IPS

Penyajian Dokumen Dukung Akreditasi 9 Kriteria pada Program Studi Tadris IPS disajikan berdasarkan pada Panduan Asesmen Lapangan Secara daring yang dikeluarkan oleh BAN-PT (hal.14-17). Berikut sajian Data pada Program Studi Tadris IPS IAIN Kudus:

 

UPPS

1.0. SK pendirian Fakultas/Sekolah Tinggi

  1. Peraturan Presiden No 27 Tahun 2018 Tentang Institut Agama Islam  Negeri Kudus
  2. Peraturan Menteri Agama Repubik Indonesia  Nomor 33 Tahun 2018 Tetang Organisasi dan Tata Kerja  Institut Agama Islam Negeri Kudus
  3. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia  Nomor 1 Tahun 2019 Tentang STATUTA Institut Agama Islam Negeri Kudus

2.1.1. Dokumen Renstra dan Renop Fakultas/Sekolah Tinggi.

  1. Renstra  dan Renop STAIN Kudus 2018-2022
  2. Renstra dan Renop IAIN Kudus
  3. Renstra dan Renop Fakultas Tarbiyah Tahun 2020-2024

3.2.1. Dokumen SOP yang terkait dengan tata pamong.

  1. SOP  STAIN Kudus
  2. SOP AUAK IAIN Kudus
  3. SOP Standar Pelayanan IAIN Kudus
  4. SOP Pengelolaan Penelitian
  5. SOP Pengelolaan Pengabdian Kepada Masyarakat
  6. SOP Fakultas  

4.2.5. Dokumen tentang sistem penjaminan mutu di tingkat Fakultas/ Sekolah Tinggi

  1. Kebijakan SPMI
  2. Standar  dan Manual SPMI
  3. Formulir SPMI
  4. Pedoman AMI
  5. SK LPM, GPM dan GKM
  6. Sosialisasi SPMI
  7. Laporan Asesmen GPM

5.3.1.1. Dokumen sistem penerimaan mahasiswa baru yang mencakup

(1) Kebijakan penerimaan mahasiswa baru

(2) kriteria penerimaan mahasiswa baru

(3) prosedur penerimaan mahasiswa baru

(4) instrumen penerimaan mahasiswa baru

(5) sistem pengambilan keputusan

  1. Pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Kudus 2018
  2. Pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kudus 2019

6.5.1. Dokumen yang terkait dengan penyusunan dan pengembangan kurikulum.

  1. Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI 2018
  2. Panduan SKL dan CPL PTKI 2018
  3. Pedoman Pembelajaran dan Penilaian Pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Tahun 2019
  4. Pedoman  Monitoring dan Evaluasi: Pengembangan dan Pemutakhiran Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik IAIN Kudus
  5. Pedoman Monitoring dan Evaluasi Kurikulum
  6. Pedoman Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
  7. Pedoman Pembelajaran Daring IAIN Kudus

7.6.1.1. Laporan keuangan Fakultas/Sekolah Tinggi dalam tiga tahun terakhir.

  1. Laporan Keuangan Fakultas Tarbiyah 2018
  2. Laporan Keuangan Fakultas Tarbiyah 2019
  3. Laporan Keuangan Fakultas Tarbiyah 2020

8.6.4. Daftar software yang berlisensi, petunjuk pemanfaatan SIM.

  1. Lisensi Windows
  2. Lisensi Juniper Networks
  3. Lisensi Turnitin
  4. Lisensi Comodo
  5. Kontrak Langganan Bandwith
  6. Manual Prosedur Absensi Pegawai
  7. Manual Prosedur E-kin
  8. Manual Book Laporan  BKD
  9. Panduan Penggunaan Turnitin
  10. Pedoman Penggunaan SMURT untuk Dosen dan Pegawai
  11. Pedoman Penggunaan SMURT untuk Mahasiswa

 9.7.1.1. Hasil penelitian (daftar judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang.

Jumlah Penelitian : 30

  1. Tahun 2018
  2. Tahun 2019
  3. Tahun 2020

10.7.2.1. Hasil pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (daftar judul) yang jumlah judulnya ada dalam borang.

 Jumlah PkM : 18

  1. Tahun 2018
  2. Tahun 2019
  3. Tahun 2020

11.7.3.1. Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah Tinggi dengan instansi dalam negeri

  1. Pendidikan
  2. Penelitian
  3. PkM

 12.7.3.2. Dokumen pendukung kegiatan kerjasama Fakultas/Sekolah Tinggi dengan instansi luar negeri

        Fakultas Sastra dan Kemasyarakatan Universitas Fatoni

 

PROGRAM STUDI

13.2.1. Dokumen tentang aturan etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur pelayanan.

  1. Kode Etik Dosen
  2. Kode Etik Tenaga Kependidikan
  3. Kode Etik Mahasiswa
  4. Kebijakan Pemberian Penghargaan (Reward) dan Hukuman (Punishment)
  5. Pedoman dan Prosedur Pelayanan

 14.2.4. Dokumen tentang jaminan mutu.

  1. SK GPM
  1. SK Gugus Penjamin Mutu STAIN Kudus
  2. SK Gugus Penjamin Mutu IAIN Kudus 2019-2021
  3. SK GPM Antar Waktu Tahun 2019-2021

      2. Instrumen Evaluasi

  1. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar Jati Diri
  2. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar Pendidikan
  3. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar Penelitian
  4. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar PKM
  5. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar Kemahasiswaan
  6. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar Sistem IT
  7. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar Kerjasama
  8. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar Suasana Akademik
  9. Instrumen Evaluasi Pencapaian Standar Tata Kelola

       3. Laporan AMI Tadris IPS

  1. Audit Mutu Internal (AMI) 2018
  2. Audit Mutu Internal (AMI) 2019
  3. Audit Mutu Internal (AMI) 2020

       4. Laporan RTM/FGD Hasil Audit Mutu Internal  

  1. Laporan RTM/FGD Hasil AMI 2018
  2. Laporan RTM/FGD Hasil AMI 2019
  3. Laporan RTM/FGD Hasil AMI 2020

       5. Laporan Tindak Lanjut Hasil Audit Mutu Internal

  1. Laporan Tindak Lanjut AMI 2018
  2. Laporan Tindak Lanjut AMI 2019
  3. Laporan Tindak Lanjut AMI 2020

      6. Laporan Monev Tindak Lanjut Hasil Audit Mutu Internal

  1. Laporan Monev Tindak Lanjut Hasil  AMI 2018
  2. Laporan Monev Tindak Lanjut Hasil AMI 2019
  3. Laporan Monev Tindak Lanjut Hasil AMI 2020

       7. Bukti PPEPP Sistem Penjaminan Mutu Internal

  1. Bukti PPEPP SPMI 2018
  2. Bukti PPEPP SPMI 2019
  3. Bukti PPEPP SPMI 2020

15.2.5. Dokumen (kuesioner dan hasil) kajian proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan.

  1. Laporan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran 2018
  2. Laporan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran 2019
  3. Laporan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran 2020

 16.3.1.1. Daftar lulusan dalam lima tahun terakhir (termasuk IPK).

Belum memiliki lulusan

17.3.2. Dokumen pendukung pelayanan kepada mahasiswa.

      1. Bimbingan dan Konseling

  1. Laporan Bimbingan dan Konseling Tahun 2018/2019
  2. Laporan Bimbingan dan Konseling Tahun 2019/2020

      2. Penalaran, Minat, dan Bakat

  1. SK ORMAWA 2019, Kegiatan ORMAWA 2019
  2. SK ORMAWA 2020, Kegiatan ORMAWA 2020
  3. SK DEMAdan Laporan Pertanggungjawaban DEMA Fakultas Tarbiyah 2019
  4. SK DEMAdan Laporan Pertanggungjawaban DEMA Fakultas Tarbiyah 2020
  5. SK SEMAdan Laporan Pertanggungjawaban SEMA Fakultas Tarbiyah 2019
  6. SK SEMAdan Laporan Pertanggungjawaban SEMA Fakultas Tarbiyah 2020
  7. SK HMPS IPS dan Laporan Pertanggungjawaban HMPS IPS Fakultas Tarbiyah 2019
  8. SK HMPS IPS dan Laporan Pertanggungjawaban HMPS IPS Fakultas Tarbiyah 2020

      3. Pembinaan Soft Skill

  1. Workshop Kewirausahaan
  2. Festival Tarbiyah
  3. Seminar Pendidikan
  4. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

      4. Layanan Beasiswa

  1. Beasiswa Tahfidz Qur’an 2017
  2. Beasiswa Tahfidz Qur’an 2018
  3. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Akademik 2017
  4. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Akademik 2018
  5. SK Beasiswa Bidikmisi 2018
  6. SK Beasiswa Bidikmisi 2019
  7. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar 2020

      5. Layanan Unit Kesehatan

  1. Dokumentasi Layanan
  2. Jumlah Kunjungan Tahun 2019
  3. Jumlah Kunjungan Tahun 2020
  4. Kartu Berobat

       6. Layanan Pengembangan Karir dan Kewirausahaan

  1. SK PPK IAIN Kudus
  2. Workshop Kewirausahaan

 18.3.3.1. Dokumen (kuesioner dan hasil) kinerja lulusan oleh pihak pengguna

Belum memiliki lulusan

 19.3.4. Laporan kegiatan himpunan alumni.

  1. Facebook  : ALUMNI TADRIS IPS Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus
  2. Instagram : alumnitadrisips

20.4.1. Pedoman tertulis tentang sistem seleksi, perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan.

  1. Pedoman tertulis tentang sistem seleksi, perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan STAIN Kudus
  2. Pedoman tertulis tentang sistem seleksi, perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan IAIN Kudus

 21.4.2.1. Pedoman tertulis tentang monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan tenaga kependidikan.

  1. Pedoman Beban Kerja Dosen IAIN Kudus
  2. Pedoman Sasaran Kinerja Pegawai
  3. Rekam Jejak Kinerja Akademik Dosen
  4. Rekam Jejak Kinerja Tenaga Kependidikan

22.4.2.2. Bukti tentang kinerja dosen di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat

        Kinerja Dosen 

23.4.3.1. Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS.

        Ijazah Terakhir, Lembar Pengesahan Tesis/Disertasi, SK Jabatan Fungsional, Sertifikat Pendidik

24.4.3.2. Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS.

        Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS.

25.4.4.1. Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tidak tetap.

Tidak Memiliki Dosen Tidak Tetap

26.4.5.3. Bukti kegiatan dosen tetap dalam seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/ workshop/ pagelaran/pameran/peragaan

          Bukti kegiatan dosen tetap dalam seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/ workshop/ pagelaran/pameran/peragaan

27.4.5.4. Bukti pencapaian prestasi/reputasi dosen

          Bukti pencapaian prestasi/reputasi dosen

28.4.5.5. Fotocopi bukti keikutsertaan dosen tetap dalam organisasi keilmuan/profesi.

          Bukti keikutsertaan dosen tetap dalam organisasi keilmuan/profesi.

29.4.6.1. Fotokopi ijazah dan sertifikat tenaga kependidikan

          Fotokopi ijasah dan sertifikat tenaga kependidikan

30.5.1.2.2. Silabus dan SAP tiap mata kuliah.

          Silabus dan SAP tiap mata kuliah.

31.5.1.4. Modul praktikum/praktek untuk  setiap kegiatan praktikum/praktek.

          Modul praktikum/praktek untuk  setiap kegiatan praktikum/praktek.

32.5.2. Dokumen pendukung kegiatan peninjauan kurikulum.

  1. Laporan Penyusunan Kurikulum KKNI(pastikan melibatkan pengguna internal dan eksternal serta pakar dan pemerintah)
  2. Laporan RDK Penyusunan RPS Kurikulum KKNI
  3. SK Pemberlakuan KKNI Prodi Tadris IPS
  4. Buku 1 Kurikulum KKNI Prodi Tadris IPS
  5. Buku 2 Kulrikulum KKNI Prodi Tadris IPS

33.5.3.1. Dokumen pendukung monitoring perkuliahan.

           Dokumen pendukung monitoring perkuliahan.

34.5.3.2. Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut silabusnya.

  1. Contoh Soal 5 matakuliah
  2. Validasi Soal

35.5.5.1. Panduan pembimbingan tugas akhir.

           Panduan pembimbingan tugas akhir.

36.5.5.2. Dokumen pendukung untuk memperoleh data rata-rata lama studi mahasiswa.

Belum memiliki lulusan

37.6.1. Notulen rapat/ bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana. 

          Notulen rapat/ bukti keterlibatan PS dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana. 

38.6.2.2. Kontrak penelitian.

          Kontrak penelitian.

39.6.4.1. Daftar pustaka yang relevan dengan PS, yang dipilah berdasarkan kategorinya

          Daftar pustaka yang relevan dengan PS, yang dipilah berdasarkan kategorinya

40.6.5.4. Daftar software yang berlisensi, petunjuk pemanfaatan SIM.

  1. Lisensi Windows
  2. Lisensi Juniper Networks
  3. Lisensi Turnitin
  4. Lisensi Comodo
  5. Kontrak Langganan Bandwith
  6. Manual Prosedur Absensi Pegawai
  7. Manual Prosedur E-kin
  8. Manual Book Laporan  BKD
  9. Panduan Penggunaan Turnitin
  10. Pedoman Penggunaan SMURT untuk Dosen dan Pegawai
  11. Pedoman Penggunaan SMURT untuk Mahasiswa

41.7.1.1. Hasil penelitian (rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian) yang jumlah judulnya ada dalam borang.

Rekapitulasi judul dan dokumen laporan penelitian

42.7.1.2. Daftar nama mahasiswa, dosen dan judul tugas akhir yang dilibatkan dalam penelitian dosen.

         Daftar nama mahasiswa, dosen dan judul tugas akhir yang dilibatkan dalam penelitian dosen.

43.7.1.4.Surat paten HaKI atau keterangan sejenis.

          Surat paten HaKI atau keterangan sejenis.

44.7.2.1. Hasil pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (rekapitulasi judul dan dokumen laporan PkM) yang jumlah judulnya ada dalam borang.

  1. 2018
  2. 2019
  3. 2020

45.7.3.1.  Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dengan instansi dalam negeri

  1. Pendidikan
  2. Penelitian
  3. PkM

 46.7.3.2. Dokumen pendukung kegiatan kerjasama dengan instansi luar negeri

          Fakultas Sastra dan Kemasyarakatan Universitas Fatoni

 47. Dokumentasi Video

          Dokumentasi Video

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Agenda Kegiatan
  • Diskusi Dosen

    +

    Penyelarasan Penyusunan Kurikulum KKNI

Video

Back to Top